Minggu, 14 Desember 2014

Posted by Nurul Lailatus On 18.51
Manajemen organisasi sebenarnya bukan kalimat yang asing bagi saya, karena saat saya duduk di bangku SMA saya sudah pernah mendapatkan materi mengenai manajemen organisasi. Ketika saya menceritakan kepada teman saya bahwa salah satu mata kuliah saya adalah manajemen organisasi, dia pun bingung mengingat manajemen organisasi yang dulu kami terima sepertinya tidak pas jika dimasukkan ke dalam suatu mata kuliah. Tetapi, ketika saya memulai kuliah manajemen organisasi untuk pertama kalinya di bangku kuliah, ini sangat berbeda dengan apa yang saya dapatkan di organisasi saya dulu sewaktu SMA.

Memang, jika kita mengacu kepada pokok permasalahan dari manajemen organisasi sendiri, apa yang saya dapatkan dulu dan sekarang tidak terlalu berbeda. Namun, apa yang saya dapatkan sekarang mencakup organisasi yang lebih luas dan lebih komplek lagi dibanding dengan yang saya dapat dulu hanya berkutat seputar organisasi yang saya ikuti saja.

Dilihat dari arti katanya sendiri yaitu manajemen organisasi. Manajemen adalah pengaturan, bagaimana kita dapat mengatur segala hal untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Sedangkan, organisasi adalah suatu wadah yang berisi dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama namun memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, manajemen organisasi adalah cara kita mengatur suatu wadah yang berisi dua orang atau lebih dan menyatukan pemikiran semua anggotanya untuk dapat mencapai tujuan yang sama meskipun dengan cara pencapaian yang berbeda-beda.

Pada pertemuan pertama mata kuliah manajemen organisasi, kami diberi gambaran mengenai Sistem Informasi mengingat kami adalah mahasiswa baru yang belum mengerti Sistem Informasi secara lebih detail. Dan juga untuk mengetahui tujuan sebenarnya belajar manajemen organisasi. Sistem Informasi mencakup 3 hal yaitu manusia, organisasi, dan teknik informasi. Sumber daya Sistem Informasi meliputi hardware, software, people, data/information, procedure.

Dalam manajemen organisasi juga kita diajarkan untuk menjadi manajer dapat membuat organisasi yang efektif dan efisien. Apa itu efektif? Apa itu efisien? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektif adalah 1. 1 ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 manjur atau mujarab (tt obat); 3 dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan); mangkus; 4 mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan). Sedangkan, efisien adalah 1. 1 tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); 2 mampu menjalankan tugas dng tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil. Jadi intinya, efektif adalah berkaitan dengan sasaran dan efisien adalah berkaitan dengan biaya.

Manajer adalah sebagai pelaksana yang menyelesaikan urusan-urusan melalui orang lain. Mereka mengambil keputusan, mengalokasikan sumber daya dan mengarahkan kegiatan dari orang-orang lain dalam mencapai tujuan. Manajer adalah orang-orang yang mengawasi kegiatan- kegiatan orang-orang lain dan bertanggung jawab atas pencapaian tujuan dalam organisasi. Jadi Manajer adalah sebagai perencana, penggerak, pengawas jalannya roda organisasi untuk mencapai tujuan

Fungsi manajer seperti yang diajarkan dahulu yaitu, planning, organizing, leading, controlling. PLANNING (PERENCANAAN) yaitu kegiatan menyusun rencana, tujuan, kebijakan, prosedur, budget, dan program perusahaan. Dengan planning, para manajer berusaha untuk melihat kedepan, memperhitungkan kemungkinan- kemungkinan, menjabarkan kegiatan dan membuat urutan prioritas untuk mencapai sasaran. ORGANIZING (PENGORGANISASIAN) yaitu menciptakan struktur denganž bagian-bagian yang terintegrasi sehingga hubungan antarbagian dapat menyatu. Pengorganisasian juga berarti pembagian pekerjaan antara satu orang dengan orang lain, antara unit satu dengan unit lain dan antara bagian satu dengan bagian lain. LEADING (MEMIMPIN) yaitu suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. CONTROLLING (PENGAWASAN) yaitu kegiatan untuk menilai dan mengendalikan jalannya kegiatan agar mencapai tujuan. Manajer mengawasi apakah pelaksanaannya dan hasilnya telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. apakah perlu ada perbaikan dan lain sebagainya.

Nah, itu dia sekilas cerita saya mengenai mata kuliah manajemen organisasi dan sedikit materi yang diajarkan dalam mata kuliah tersebut. Semoga dalam pembelajaran manajemen organisasi dapat tumbuh manajer-manajer yang berkualitas dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik :)).

0 komentar:

Posting Komentar