Minggu, 31 Mei 2015

Posted by Nurul Lailatus On 02.28
Setelah dua postingan saya sebelumnya, kali ini saya akan memposting sesuatu yang gak kalah  serius dari sebelumnya widih... Yap kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai Dualboot. Tapi sebelum saya mempaparkan semuanya, apa sih sebenarnya dualboot itu? Jadi Dualboot adalah istilah menggunakan dua macam OS yang berbeda, seperti Windows-Linux, MacOS-Windows, MacOS-Linux, dan lain semacamnya. Atau sama jenis namun beda versi atau beda managemen kerja dari salah satu OS tersebut, seperti Linux Ubuntu-Linux Fedora, Windows 7-Windows 8, dan lain semacamnya. Selama masih menggunakan dua sistem operasi baik yg sama ataupun berbeda, kegiatan tersebut  disebut dengan istilah dualboot.

Hal yang harus diperhatikan sebelum Install Dual Boot pada Laptop atau komputer
  • Kapasitas Hardisk - Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jumlah atau kapasitas hardisk yang tertanam pada komputer atau laptop kita. Pastikan Kapasitas hardisk tersebut cukup untuk menampung dua sistem operasi tersebut. Agar dapat menggunakan sistem operasi ganda, maka hardisk harus memiliki beberapa partisi. Banyaknya partisi yang dibuat tergantung dari banyaknya OS yang ingin kita install. Misalnya, kita mau meng-install 2 OS berarti kita harus membuat 2 partisi. Jika ingin meng-install 3 OS berarti kita harus membuat 3 partisi.
  • RAM (Random Access Memory) - RAM haruslah memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung prosess dari sistem operasi yang kita gunakan. Namun RAM disini nantinya akan digunakan secara bergantian, bukan secara bersamaan seperti cara kerja hardisk, maka Minimal Persyaratan Untuk kapasitas RAM yang harus terpasang adalah 2Gb, Maksimal 4 Gb atau lebih.
Nah, setelah mengetahui apa itu dualboot dan persiapan sebelum dualboot, disini saya akan menjelaskan mengenai urutan dalam proses install dualboot. Dualboot yang saya jalankan sekarang adalah dualboot Windows 7 - Ubuntu 14.04. Namun, dualboot yang saya buat kali ini berada dalam virtual box atau bisa dibilang hanya virtualisasi. Kalau saya bilang sih kita seperti mempunyai laptop dalam lapptop :)). Apa yang terjadi dalam virtual box tidak akan mengganggu OS asli yang sedang berjalan. Jadi jika terjadi kesalahan pada installasi OS dalam virtual box tidak akan berpengaruh pada OS asli kita.

Untuk tahu urutan dalam proses install dualboot, bisa buka link http://intip.in/Jdw7
Jika Proses Installasi Terbalik (Linux Ubuntu Terlebih dahulu) kemungkinan Grub Loader yang dimiliki oleh Linux akan tertimpa oleh Boot Loader Windows dan Hasilnya tentu saja Linux tersebut tidak akan dapat kita gunakan.
Setelah dualboot dilakukan, maka setiap kita mau memulai komputer, komputer akan bertanya OS mana yang akan kita pakai. Jika kita tidak menjawab selama 25 detik, maka komputer akan menjalankan OS default, nah OS default ini juga bisa diubah melalui Windows.

Yah.. sekian postingan saya mengenai  Dualboot Windows - Ubuntu, semoga bermanfaat untuk para pemula seperti saya :))

Sumber :
http://ensyclo.blogspot.com/2013/05/pengertian-dual-boot-pada-dunia-it.html
http://ali.my.id/blog/45-lain-lain/catatan/42-pengetahuan-dasar-dualboot-atau-multiboot-os
http://wd-kira.blogspot.com/2014/03/Hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-Install-Dual-Boot-pada-Laptop.html 

Don't forget to open :
is.its.ac.id
sesindo.org
isico.info

0 komentar:

Poskan Komentar